#MapMyDay #BDG

Calling for Participants and volunteers! Part 2!

Minggu, 28 Januari 2018
7:30 pagi sampai 10:30 pagi

Register Now

Why This Event Is Super Cool?

Latar Belakang

Di jalanan Indonesia, pejalan kaki adalah golongan kelas ke sekian, penyandang difabel adalah kelas yang lebih bawah lagi. Keberadaannya dianggap sebelah mata, fasilitasnya tiada. Bagi penyandang difabel, keluar rumah itu seperti menantang petaka. Contoh kasus yang paling nyata adalah para penyandang tuna netra.

Kita harus bersepakat bahwa trotoar kita masih jauh dari nyaman, bahkan aman. Bagi pejalan kaki normal pun, berjalan di trotoar adalah perjuangan berat. Apalagi jika kawan-kawan membayangkan mereka para tunanetra yang berjalan di trotoar? Berjalan kaki adalah pertaruhan hidup dan mati.

Bayangkan anda harus pergi ke tempat kerja tapi anda tidak punya supir pribadi yang bisa mengantarkan anda langsung ke depan pintu ruangan anda. Harus berjalan kaki, naik angkutan umum, dan berjalan kaki lagi. Tapi di trotoar tempat anda berjalan ada lubang besar yang menganga, kabel listrik menjuntai-juntai berbahaya, belum lagi pecahan ubin siap menorehkan luka. Bayangkan itu pada hampir 3 juta orang tuna netra di Indonesia.

Penyediaan trotoar yang nyaman dan aksesibel adalah hak asasi dari kelompok difabel, terutama tunanetra. Ia harus terjamin keselamatannya untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Fasilitas trotoar yang nyaman dan aksesibel bagi kelompok difabel tentu akan nyaman juga bagi kelompok yang lainnya. Maka memperjuangkan hak trotoar yang nyaman dan aksesibel adalah memperjuangkan hak semuanya.

Tentu upaya untuk mewujudkan trotoar yang nyaman tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah semata. Gerakan advokasi para pejalan kaki harus berlangsung dengan sistematis dan teratur. Di zaman modern dimana semua sudah berbasis data, kita harus memanfaatkan teknologi agar upaya advokasi bisa dilakukan semua orang dengan cepat dan tepat tanpa birokrasi kesana kemari.

More... »

Tentang Tune Map

Aplikasi tunemap dirancang agar masyarakat perkotaan bisa melaporkan kondisi trotoarnya, terutama keberadaan jalur aksesibilitasnya. Para sukarelawan kota bisa memetakan jalur aksesibilitas dan melaporkan setiap kondisi tidak normal pada jalur aksesibilitas yang memungkinkan kecelakaan pada tunanetra yang berjalan di trotoar. Titik-titik yang dilaporkan dan juga jalur trotoar yang sudah dipetakan kemudian menjadi basis data untuk memandu tunanetra yang berjalan di kota.

Melalui Tune Map, maka partisipasi warga dalam pengembangan kota diharapkan meningkat dan kecintaan warga terhadap kotanya pun semakin bertambah. Aplikasi pelaporan jalur aksesibilitas ini merupakan cara sederhana bagaimana komponen masyarakat kota bisa bekerja sama untuk membangun kota yang berkelanjutan dan komunitas urban yang harmonis.

More... »

Kampanye #MapMyDay

Mari wujudkan kota Bandung yang lebih dapat diakses oleh tuna netra dan sebarkan informasi terkait rute-rute yang aman di dalam kota untuk meningkatkan kesadaran tentang isu ini.

Bagaimana caranya? Tune Map menginisiasi pemetaan secara kolektif dengan tajuk #MapMyDay di kota-kota di Indonesia. Seperti yang sudah disinggung di atas, Tune Map adalah aplikasi yang memungkinkan warga kota untuk memberikan informasi tentang rute-rute yang aman dilalui oleh tuna netra. Warga kota dapat menandai titik-titik yang aman maupun membahayakan melalui aplikasi Tune Map. Sehingga, informasi ini dapat dimanfaatkan sebagai petunjuk dalam memilih rute yang aman bagi tuna netra.

Mari ikut serta dalam kegiatan "MapMyDay" – kegiatan sosial berskala global untuk kota yang lebih bisa aksesibel. Sebab, fasilitas publik yang tidak aksesibel merupakan penghalang untuk berpergian bagi ratusan juta orang dengan gangguan penglihatan di dunia. Kegiatan ini akan dimulai di Kota Bandung dengan semangat hari kerelawanan dan disabilitas internasional yang jatuh pada bulan Desember. Berikan bantuan hanya dengan beberapa klik saja, tandai sebanyak mungkin, dan ayo bersama-sama kita wujudkan kota yang ramah bagi siapa saja.

More... »

Meet the Stakeholder

UN Volunteer

Wyata Guna

Coming soon

Daftar Sekarang

Daftar Sebagai Peserta

Register Now

Ayo rekomendasikan kota kamu untuk menjadi destinasi Map My Day selanjutnya dengan klik tombol dibawah ini!!

Recommend My City

DETAIL AKTIVITAS

Siapapun yang tertarik untuk menolong teman-teman disabilitas netra, dapat diandalkan, dan mau bergabung dengan komunitas Tune Map Local Heroes!

Reporter

Bertugas untuk mengumpulkan laporan trotoar yang tidak aksesibel untuk teman-teman tuna netra melalui aplikasi android Tune Map. Reporter harus mengumpulkan laporan sebanyak mungkin selama acara berlangsung. Di akhir acara, reporter terbanyak akan mendapatkan reward Briefing bagi reporter akan dilakukan saat tanggal 28 Januari 2017 sebelum acara dimulai.

Lead Navigator

Bertugas untuk memastikan setiap regu melewati rute yang telah ditentukan. Paham rute jalanan di sekitar pusat kota Bandung.Tidak merasa keberatan untuk berjalan kaki sejauh maksimal 5 KM. Dapat hadir pada tanggal 21 Januari (Briefing) dan 28 Januari 2018.

Guide Tuna Netra

Bertugas untuk memberikan penjelasan kepada partisipan tuna netra tentang titik-titik menarik yang dilewati selama perjalanan. Tidak merasa keberatan untuk berjalan kaki sejauh maksimal 5 KM. Dapat hadir pada tanggal 21 Januari (Briefing) dan 28 Januari 2018.

Tim Dokumentasi

Bertugas untuk mendokumentasikan aktivitas regu dan keseluruhan kegiatan. Diutamakan memiliki kendaraan yang dapat digunakan jika diperlukan dalam pendokumentasian. Dapat hadir pada tanggal 21 Januari (Briefing) dan 28 Januari 2018.

Logistik & Konsumsi

Bertugas untuk menyediakan logistik dan konsumsi yang diperlukan ketika pelaksanaan kegiatan. Diutamakan memiliki kendaraan. Dapat hadir pada tanggal 21 Januari (Briefing) dan 28 Januari 2018.

Briefing

Briefing untuk relawan yang memilih menjadi panitia akan dilakukan pada tanggal 21 Januari 2018

Peralatan

Smartphone Android
Sepatu yang nyaman
Payung
Air Minum

Lead Navigator

Bertugas untuk memastikan setiap regu melewati rute yang telah ditentukan. Paham rute jalanan di sekitar pusat kota Bandung. Tidak merasa keberatan untuk berjalan kaki sejauh maksimal 5 KM. Dapat hadir pada tanggal 3 Desember (Briefing) dan 10 Desember 2017.

Guide Tuna Netra

Bertugas untuk memberikan penjelasan kepada partisipan tuna netra tentang titik-titik menarik yang dilewati selama perjalanan. Tidak merasa keberatan untuk berjalan kaki sejauh maksimal 5 KM. Dapat hadir pada tanggal 3 Desember (Briefing) dan 10 Desember 2017.

Tim Dokumentasi

Bertugas untuk mendokumentasikan aktivitas regu dan keseluruhan kegiatan. Diutamakan memiliki kendaraan yang dapat digunakan jika diperlukan dalam pendokumentasian. Dapat hadir pada tanggal 3 Desember (Briefing) dan 10 Desember 2017.

Logistik & Konsumsi

Bertugas untuk menyediakan logistik dan konsumsi yang diperlukan ketika pelaksanaan kegiatan. Diutamakan memiliki kendaraan. Dapat hadir pada tanggal 3 Desember (Briefing) dan 10 Desember 2017.